Profil Atlit: Andy Murray

2 02 2010

Perhelatan  tennis australia terbuka sudah usai dengan Roger Federer keluar sebagai kampiun mengalahkan Andy Murray di babak final.

Andy Murray, petenis muda asal Inggris raya ini, kini berada di posisi 3 dunia di bawah Federer dan Novak Djokovic setelah menjadi runner up di final australia terbuka kemarin. Petenis yang baru berusia 22 tahun ini akan menjadi pembuka dalam artikel profil atlit ini. di sela-sela turnamen tennis maupun bulutangkis yang saya report ke blog ini, artikel profil atlit akan menjadi sebuah warna tersendiri.

Andy Murray - courtesy of: http://www.dailyrecord.co.uk

Bernama lengkap Andrew Murray, memulai berlatih tennis sejak dia berumur tiga tahun. Ibunya adalah seorang pelatih di skotlandia, sedangkan sang ayah adalah seorang manager di industri retail. Murray, yang kelahiran Dunblane-Skotlandia 15 mei 1987 ini, turun sebagai petenis profesional semenjak tahun 2005. Menggunakan tangan kanan dan dilatih oleh Miles Maclagan.

Petenis yang memiliki postur tinggi 190 cm dan berat 84 kg ini mulai melejit di tahun 2005 ketika dia naik peringkat dari posisi 449 menembus 65 dunia, selama karirnya sebagai petenis debutan di 2005, murray setidaknya berhasil masuk ke babak kedua turnamen tennis ATP sebanyak 9 kali dari 10 turnamen yang diikutinya pada tahun 2005 silam.

Di 2006, Murray terus meroket ke peringkat 17 dunia di akhir musim. Menjuarai turnamen ATP tour di san jose pada bulan Februari 2006, yang merupakan gelar pertamanya semenjak turun di tenis profesional. Akhir tahun 2007, Murray berada di posisi 11 dunia dan sempat masuk di jajaran top ten. Karirnya mulai mengkilap di 2007 dengan, setidaknya, mencapai babak semifinal dalam beberapa turnamen yang diikutinya. Tahun 2008, Murray sukses menggondol 5 gelar ATP tour dan menjadi petenis Inggris pertama di era ini yang berhasil masuk ke babak final sebuah turnamen bergengsi, grandslam US Open.

Tahun 2009, Murray terus melesat dan sempat menduduki posisi nomer dua dunia di bawah Rafael Nadal kala itu. Murray menjuarai turnamen di Rotterdam Belanda dengan mengalahkan Nadal yang menjadi posisi satu di tahun tersebut.

Kini, Andy Murray, terus berusaha untuk mengibarkan karirnya di dunia tennis, dan terus memoles kemampuannya untuk bersaing dengan petenis papan atas lainnya seperti Roger Federer, Novak Djokovic, ataupun Rafael Nadal. Kita masih terus menantikan kiprahnya, karena perjalanan Murray masih panjang. (sam)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: